PiNg SaMa DiA

Blog Isu Semasa

Pentingnya Makan Bersama Seisi Keluarga

Sudah banyak pakar psikologi yang menganjurkan pentingnya makan bersama keluarga, namun kita mungkin perlu mengingat kembali alasan penekanan hal itu.














  • Sudah banyak pakar psikologi yang menganjurkan pentingnya makan bersama keluarga, namun kita mungkin perlu mengingat kembali alasan penekanan hal itu. Kebiasaan anak-anak untuk makan di depan teve harus dihentikan begitu mereka menginjak usia lima tahun. Seperti juga mengajar mereka untuk memakai wc dan tidak lagi memakai popok bayi. Sudah saatnya mereka belajar mengikuti kebiasaan anggota keluarga lain yang lebih besar. Marilah kita tinjau apa manfaatnya makan bersama keluarga.
  • Perhatian

    Dengan duduk bersama di meja makan keluarga dapat berbincang-bincang tentang apa saja yang terjadi sehari itu. Orang tua terutama dapat mengajukan pertanyaan tentang apa yang terjadi di sekolah dan di luar sekolah. Bila Anda memberikan perhatian yang sungguh-sungguh, anak Anda akan dengan senang hati menuturkan segala yang terjadi. Juga perhatikan jika ada gejala anak Anda menutup-nutupi sesuatu.
  • Mempererat hubungan keluarga

    Dengan berkumpul dan berbincang-bincang sambil menikmati makan malam, Anda sekeluarga akan merasakan ikatan kekeluargaan yang terjalin di antara satu sama lain. Hindarilah keinginan mengecam, mengkritik atau mencela agar tidak merusak suasana nyaman dan selera makan. Bahaslah soal yang ringan-ringan, bila karena satu dan lain hal percakapan menjurus ke masalah yang serius, tundalah untuk membicarakannya sehabis makan. Mungkin keadaan yang santai dan nyaman memudahkan anak-anak remaja mengemukakan masalah mereka. Anda dapat menanggapinya dengan santai pula, tetapi jika Anda menganggap masalah itu perlu dibicarakan lebih panjang lebar, luangkan waktu sehabis makan.
  • Kesempatan mendidik

    Anda dapat mengajar anak-anak sopan santun di meja makan, misalnya jangan berbicara dengan mulut penuh, mulut jangan berbunyi ketika mengunyah, cara memakai alat-alat makan yang benar. Selain itu Anda juga dapat mengajar mereka hal-hal lain sesuai dengan apa yang dibicarakan.
  • Gaya makan

    Selain memperkuat hubungan keluarga, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengubah kebiasaan buruk pada gaya makan anak Anda. Kalau anak Anda terbiasa makan di depan TV dan berat badannya terus bertambah, sekaranglah saatnya mengubah kebiasaan buruk itu. Dengan makan bersama di meja makan dia dapat menentukan berapa banyak yang ingin dimakannya. Sebaliknya bila dia duduk di depan teve Anda yang menentukan porsinya dengan mengambilkan makanannya. Sementara itu anak Anda menikmati makanannya dengan perhatian yang tertuju ke teve, tanpa terasa dia melahap habis makanannya tanpa peduli bahwa dia sudah merasa kenyang sekali. Juga jangan membiasakan dia menghabiskan makanan di piring bila dia tampak sudah kenyang. Makanan yang cukup akan membuat sehat, makanan yang terlalu banyak akan membuat kelebihan berat badan.
  • Makanan favorit

    Nah, ini salah satu hal yang paling penting. Bagaimana Anda mengharapkan seluruh keluarga Anda duduk bersama menikmati hidangan bila makanan yang disajikan itu kurang disukai. Cobalah menghidangkan sesuatu yang sama-sama digemari, makanan dengan menu seimbang, lezat namun sehat. Ini membutuhkan pemikiran, mungkin Anda dapat membuat daftar makanan kegemaran setiap anggota keluarga dan menggilirnya dengan adil.
    Bagi pasangan yang belum menikah ada pepatah yang mengatakan bahwa cinta datangnya dari perut, maksudnya kalau Anda dapat menyajikan sesuatu yang disukai pasangan Anda, Anda akan mampu merebut hatinya. Demikian pun dengan keluarga, kalau Anda membuat makan malam bersama menjadi sebuah kesempatan yang menyenangkan, keluarga Anda akan dipersatukan dengan tali cinta.
0 Komentar untuk "Pentingnya Makan Bersama Seisi Keluarga"

 
Copyright © 2014 PiNg SaMa DiA - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info